Macam-Macam Processor AMD

 3. AMD DURON

AMD Duron, yaitu  processor AMD generasi ke 3. Processor ini termasuk processor yang murah nan terjangkau yang dikenal tahun 2000. Processor AMD ini tak kalah hebat dengan processor Athlon yang performanya hampir sama yang hanya beda 7-10 % Athlon sedikit.

       4. AMD ATHLON

AMD ATHLON, yaitu processor AMD pengganti processor jenis AMD K6. Processor AMD ATHLON ini dapat dijadikan processor untuk sistem multiprocessor seperti processor INTEL generasi ke 6. Processor ini memakai chipset AMD 750 MP Iron Gate dan AMD 760. Processor AMD ini mewujudkan komputer memiliki 2 processor AMD ATHLON.

     5. AMD ATHLON 64

AMD ATHLON 64, yaitu processor AMD yang memiliki 3 varian soket dengan bentuk yang berbeda beda yaitu soket 754, 939, dan 940. Soket 754 mempunyai kontrol memori yang mendukung memori kanal ganda. Processor AMD 64 ini adalah processor AMD pertama yang kompitabel dengan komputer 64 bit.

      6. AMD ATHLON 64 FX

AMD ATHLON 64 FX, yaitu processor AMD yang memiliki fitur seperti :

  • 3D Nowl Professional + SSE 2 Instruction.
  • Hyper Transport Technology.
  • On-Die cache memory yang memiliki kapasitas sebesar 1152 KB ( 128 KB untuk L1 dan 1024 KB untuk L2).
  • Jenis-jenis AMD ATHLON 64 FX.
  • AMD ATHLON FX 51, AMD ATHLON FX 53, AMD ATHLON FX 57.

Poin penting dalam processor AMD ATHLON 64 FX ini seperti :

  • Kompitabel yang bisa bekerja pada sistem operasi maupun aplikasi yang 32 bit dan 64 bit dengan performa kecepatan penuh.
  • Memiliki Ehanced Virus Protection atau yang disebut “perlindungan virus” ketika di jalankan dengan Windows XP Service Pack 2 (SP 2) ataupun Windows XP edisi 64 bit.
  • Sistem yang berbasis processor AMD ATHLON 64 FX ini cocok untuk pengguna PC yang sangat antusias oleh penggemar Multimedia yang meliputi video maupun audio dan bagi para gamers.

      7. AMD SEMPRON

AMD SEMPRON, yaitu processor AMD yang diperkenalkan pada tahun 2004 yang merupakan penganti processor AMD DURON untuk bersaing dengan saingannya yaitu processor INTEL CELERON D.  AMD SEMPRON ini memiliki 2 jenis menurut soket nya yaitu :

  • AMD SEMPRON SOKET A
  • AMD SEMPRON SOKET 754

Penjelasan untuk jenis soket A dari AMD SEMPRON ini merupakan jenis SEMPRON yang dibuat dan terinspirasi dari processor AMD ATHLON XP THOROUGHBRED, karena processor AMD memiliki wacana untuk mengeluarkan processor untuk processor AMD ATHLON 64.

Untuk soket 754 dari AMD SEMPRON  dibangun di atas arsitektur AMD 64 guna meningkatkan proses performa dan kinerja yang dimilikinya.

Processor AMD SEMPRON ini memlilki kode bernama “Palermo” yang merupakan sama seperti processor AMD SEMPRON SOKET A. Tapi beberapa seri dari AMD SEMPRON dengan fitur 64 bit tidak di aktifkan sehingga dapat membaca atau mengeksekusi dengan 32 bit saja.

      8. AMD 64 X2 DUAL CORE

AMD 64 X2 DUAL CORE, merupakan processor AMD yang dapat menyaingi produk yang dikembangkan oleh pihak INTEL di processor Core Duo nya. Processor ini berbasis 64 bit. Tipe processor ini sangat support pada pengguna digital atau di bidang Multimedia. Keunggulan processor ini adalah kontrol memory DDR yang sepenuhnya dapat terintegrasi sehingga dapat membantu performa kecepatan akses ke memori. Dengan menyediakan jalur dari processor AMD X2 DUAL CORE langsung ke memori utama. Karena itu hasilnya dapat di nikmati seperti loading aplikasi jika dijalan akan terbuka lebih cepat dari performa aplikasi yang lebih meningkat.

      9. AMD OPTERON

AMD OPTERON, merupakan processor AMD bertipe 64 bit ini dirilis pada tahun 2003.

Fitur dari processor AMD OPTERON ini meliputi :

  • Cache level 1 sebeesar 128 KB terbagi pada dara cache 64 KB dan instruction cache nya sebesar 64 KB.
  • Cache level 2 sebesar 1024 KB.
  • Kecepatan dari processor AMD OPTERON ini yaitu 1400 MHz sampai 3000 MHz.
  • Mempunyai 3 link Hyper Transport dengan kecepatan 3200 Mbit/s.
  • Dapat mengakses memori hingga mencapai 1 Terabyte.
  • Mempunyai versi single-core, dual-core, quad-core.

      10. AMD PHENOM

AMD PHENOM, merupakan processor AMD yang merupakan permintaan dari masyarakat. Kemunculan processor ini dbuat untuk persaingan terhadap rival nya yang sudah memakai qprocessor inti 6.

      11. AMD TURION

AMD TURION, merupakan processor AMD yang memiliki 64 bit tetapi dengan daya konsumsi yang rendah. Processor AMD TURION ini memiliki nama sandi yaitu K8L. Processor AMD TURION 64 dan AMD TURION 64 X2 ULTRA bersaing dengan perusahaan processor INTEL.

Secara teknis, Turion 64 adalah Mobile Athlon 64 yang diganti namanya dengan proses produksi 90 nm. Prosesor ini bekerja dengan mendukung memory controller single channel DDR400.

Dengan menggunakan aplikasi Clockgen, Turion 64 X2 pada Megabook S271 dapat ditingkatkan dari kecepatan awal 1.66 GHz menjadi 1.975 GHz tanpa masalah.

      12. AMD BULLDOZER

AMD BULLDOZER, merupakan processor AMD yang teridiri dari 4 model dengan 8 core, 6 core, dan nilai Thermal Design Power (TDP). AMD Bulldozer ini memiliki performa hingga 50 % dibanding dengan AMD PHENOM 2 ketika menjalankan sebuah aplikasi multimedia.

Prosesor yang didasari arsitektur Bulldozer , dan diberi codename core Zambezi ini merupakan salah satu prosesor yang kehadirannya cukup dinantikan para PC Enthusiast dan Overclocker.


Sumber: itgeek.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara merawat Power supply Komputer