Cara merawat Power supply Komputer

Power supply merupakan bagian yang sangat vital di komputer karena memiliki fungsi sebagai pemasok daya listrik dan pastinya itu tidak bisa disepelekan.Bisa dibilang power supply adalah jantung dari komputer, apabila disepelekan bisa mengakibatkan kerusakan komponen lain bahkan mati total. Oleh sebab itu diperlukan sebuah perawatan agar tetap berjalan secara optimal. Berikut ini kami akan membagikan cara merawat power supply yang benar:
  1. Stabilizer
Menggunakan stabilizer merupakan sesuatu yang harus ada apabila ingin power supply tetap awet, karena memiliki fungsi untuk menstabilkan listrik. Oleh sebab itu perlunya stabilizer agar listrik yang biasanya naik turun bisa tetap tergaja dan tidak terjadi lonjakan tiba-tiba.
  1. Bersihkan Power Supply
Biasanya yang membuat power supply cepat panas adalah banyak debu yang menempel dan saluran udara menjadi tidak optmila. Oleh sebab itu perlunya membersihkan secara rutin agar aliran udara dapat lancar.
  1. Jangan Berlebihan
Pemasangan perangkat terlalu banyak juga akan mengakibatkan power supply menjadi lebih cepat rusak, contohnya seperti memasang optical drive lebih dari satu, hdd yang menumpuk. Karena hal tersebut membuat daya listrik butuh lebih banyak.
  1. Power Supply Double Fan
Lebih baik membeli power supply yang memiliki kipas ganda agar sirkulasi udara di dalamnya lancar dan panas yang ditimbulkan dapat dikurangi.
  1. Daya Power Supply
Gunakan power supply yang memiliki daya besar agar dapat memenuhi kebutuhan komponen komputermu, semakin banyak komponen akan membutuhkan daya lebih juga.
Itulah cara merawat power supply yang benar, semoga artike kali ini dapat bermanfaat.

Sumber: www.komputermurahjogja.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini